Senin, 12 Januari 2015

Mengenal SITH ITB dan Prospek Kerjanya

KENAPA SIH MEMILIH SITH?

Institut Teknologi Bandung memiliki 12 Fakultas/Sekolah. Salah satu fakultas yang ada adalah SITH atau Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati. SITH sendiri dibagi atas dua program, yaitu: Sains & Rekayasa.

Mungkin pada heran atau bingung kalo denger kakak tingkatnya itu lulus atau kuliah di jurusan SITH ITB. Pertama, karena di ITB sendiri saat tahun pertama, masih berupa Fakultas/Sekolah. Alasan kedua, karena nama SITH sendiri msh agak tabu terutama di luar Bandung dan Jawa Barat. Apa sih SITH?! Seperti namanya yaitu bertajuk 'Hayati', berarti Fakultas SITH ini disiplin ilmunya tidak jauh-jauh dari ilmu Biologi. Naaahhh, ini sebuah prestasi lho, karena Biologi dan peranakannya (?) dapat berdiri sendiri menjadi sebuah fakultas di ITB. Duluuu, S1 Biologi masih bergabung di fakultas FMIPA. Naahh mulai terpikirkan, kok penting banget jurusan ini berdiri sendiri? :D

Skip. Total ada 5 program studi S1 di SITH, yaitu: Biologi, Mikrobiologi, Rekayasa Hayati, Rekayasa Kehutanan, Rekayasa Pertanian. Dan ada satu jurusan lg yg baru dibuka, yaitu Teknologi Pascapanen (2015).

Perbedaan Sains dan Rekayasa simpel kok. Sains lebih mendalami ilmu biologi secara teori. Sedangkan Rekayasa pengaplikasian dari ilmu biologi itu sendiri (atau biasa disebut teknik). Jadi, lulusan program Sains akan bergelar Sarjana Sains (S.Si), sedangkan lulusan program Rekayasa bergelar Sarjana Teknik (S.T.). FYI, SITH-R itu satu-satunya di Indonesia lho. 

Untuk penjelasan mengenai maksud dan tujuan dibuatnya program-program studi tersebut, kamu bisa membacanya secara lengkap di website usm.itb.ac.id

Nah, blog ini hanya akan membahas prospek kerja dari lulusan SITH secara rinci. Karena kalo kamu cari-cari di website di atas, mungkin prospek yang kamu ketahui secara garis besarnya saja. 

Perlu diketahui, penjelasan di bawah ini adalah kutipan dari kakak-kakak tingkat SITH yang sudah kuliah bersemester lamanya. Dan beberapa prospek yang dijelaskan, telah dikonfirmasi oleh lulusan SITH. Jadiii, cekidot! :D


PROSPEK KERJA LULUSAN SITH - Sains dan SITH - Rekayasa

1. Pertanian dan Kehutanan
Lulusan ITB selalu jadi incaran perusahaaan maupun institusi skala nasional maupun multinasional. Berbekal belajar ilmu hayati dengan dasar kuat, belajar tumbuhan, mikroba, hewan, rekayasa genetik dan lain sbg, itu memudahkan dan mempersenjatai kita dengan modal ilmu yang dapat kita aplikasikan dalam pertanian maupun kehutanan. Kita akan dibekali dgn ilmu teknologi pra-panen, panen, dan pascapanen. Selain itu kita juga akan dibekali dgn pengetahuan pemanfaatan dan teknologi hasil hutan. Contoh perkebunannya adalah PT Astra (kelapa sawit). Menurut spoiler dari Pak Rama (dosen) gaji fresh graduatenya bisa sampai 7 juta/bln.
Relevan: Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan

2. Medis
Menurut beberapa pakar bahwa industri yang nggak bakal ada matinya adalah industri food, feed, health and energy. Nah, sesungguhnya jurusan SITH itu masuk dalam seluruh industri itu. Misal di bidang medis yang tentunya gajinya ga sedikit ya, kita bisa bekerja di industri medis yang merancang alat-alat kedokteran maupun yang menyediakan marker untuk diagnostik. Contoh perusahaan PT Biofarma dan PT BioMerieux( ada di seluruh belahan dunia, dan ada lulusan SITH yang bekerja di sini)
Relevan: Biologi, Mikrobiologi, Rekayasa Hayati

3. Industri Kimia Pupuk
Tentu kita juga belajar tumbuhan baik di SITH-S dan SITH-R ya. Nah dgn bakal tersebut, kita dapat bekerja di Industri kimia pupuk misalnya pupuk urea. Contohnya Pupuk kaltim (dengar2 gajinya ampe 6 jt/bulan)
Relevan: Rekayasa Pertanian, Teknologi Pascapanen, Biologi

4. Industri Pangan
Nggak perlu ditanya lagi, kita bisa jadi quality control disana. Masalah gaji juga nggak usah ditanya. Pasti gedelah. Contoh : PT Indofood, Unilever, dsb
Relevan: Mikrobiologi, Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Teknologi Pascapanen

5. Peternakan dan Tambak
Kita bisa jadi peternak dan petambak ya guys. Inget kita juga akan belajar aquakultur (bagi yang minat). Hal itu sangat menunjang jika kita ingin bergelut dalam dunia tambak.
Relevan: seluruh prodi

6. Pertambangan dan Perminyakan
Kok bisa? Bisa dong. Mengapa? Karena tambang dan pengeboran minyak itu bersifat eksplorasi dan dapat merusak lingkungan, maka dibutuhkan sarjana yang paham betul tentang aspek lingkungan. Siapa lagi kalau bukan SITH ya nggak? Selain itu, di SITH sedang dikembangkan teknologi aplikatif untuk bidang perminyakan mengenai perolehan minyak lanjutan dari sumur yang sudah nggak efisien lagi menggunakan mikroba. Namanya MEOR ( microbial enhanced oil recovery). Tahu sendiri kan gaji anak tambang dan minyak gimana? bisa sampai 15 jt/bulan. Contoh : Chevron, Exxon, Slumberger, Pertamina, dll
Relevan: Rekayasa Kehutanan, Mikrobiologi

7. Industri Bioenergi
Pernah dengar 2025 mix energy plan kan? Nah jadi tahun 2025 nanti negara kita akan berfokus pada pengembangangan energi baru dan terbarukan (renewable). Melihat potensi alam yang betapa kayanya di negeri ini, untuk memenuhi kebutuhan energi kita nantinya kita akan mengonversi biomass jadi bioenergi. Biomass kita yang bersubstrat selulosa itu nggak kehitung lho. Sedangkan cellulosic mass sendiri itu dgn fermentasi bisa jadi bioethanol. Apa aja contohnya substrat selulosa? Alang-alang yang kadang cuma jadi gulma dan mengganggu itu bisa jadi energi guys. hebatkan kita? dengan potensi ini mau disia-siakan? kita kaya akan biomass yang dapat diubah jadi bioetanol, biodisel, biogas, dsb. Kalau kita bisa mendirikan industri itu. Kita tinggal merem aja, banjir duit kita ya ga?
Relevan: seluruh prodi

8. Industri Bioteknologi
Sayang di Indo industri ini belum berkembang. Padahal industri biotek itu biasanya memproduksi enzim dgn rekayasa genetik. Kalian tahu nggak harga enzim berapa? 
Ambil contoh ya, yaitu enzim lipase. Tahu kan fungsi enzim lipase? Nah enzim ini di pasaran internasional pada tahun 2007 itu harga per kilogramnya sampai 30 jt guys. GEDE BANGET GA TUH? terus tahun 2010 harga enzim ini mencapai 2,7 juta/10 gram. Jadi kalau satu kilo berapa??? 270 juta. EBUSYET DAH KAYA BANGET TUH PEMILIK INDUSTRI BIOTEK. TENTU!!!! Nah tapi sayang untuk industri sekarang ini hampir semua menggunakan enzim dgn rekayasa genetik guys. Tapi kita belum punya industri itu (permasalahannya disini). Kita masih mengimpor enzim itu. Contohnya enzim alfa amilase. Enzim ini kita masih mengimpor padahal aplikasi enzim ini dalam medis, makanan, tekstil. Bahkan pati termodifikasi aja hasil dari enzim tsb kita masih ngimpor. Padahal kita tahu bahwa betapa melimpahnya sumber pati di negeri ini, dan keanekaragaman mikrobanya yang luar biasa. Kita berharap lulusan SITH baik S maupun R ada yang berinisiatif mendirikan industri ini. Sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan industri kita dan menekan biaya impor! Anyway lulusan SITH bisa terbang ke luar negeri dan berkecimpung dalam industri ini, hebat bukan?
Relevan: seluruh prodi
Sangat relevan: Mikrobiologi, Rekayasa Hayati, Biologi

9. Lembaga Penelitian
Banyak banget, contohnya: LIPI, Lembaga Molekular Eijkman, Mochtar Riyadi Institute ( institue pengobatan cancer berbasis nanoteknologi di Indonesia). Dan lulusan ITB semacam wajib di prospek ini.

10. Dosen
Pastinya ini hal wajib bagi lulusan ITB. Apalagi untuk SITH - Program Rekayasa, karena jurusannya baru dan hanya ada di ITB, maka lulusannya dicari untuk mengembangkan ilmu-ilmu di dalamnya. Dan pada tau ga sih, sekarang ini eranya biologi? Coba deh kamu cari2 info kok bisa zaman sekarang itu eranya biologi. Makanya ITB berani buka prodi baru terutama di bidang rekayasanya. Untuk apa? Untuk menjawab segala permasalahan ini. Tau sendiri dong gaji dosen berapa, apalagi lulusan ITB, ya dipake.

11 Wirausaha
Di sini nih, lulusan ITB mampu membuka usaha sendiri sesuai bidangnya. Ikatan alumni yang kuat membuat lulusannya lancar dalam bidang ini. Bermodal kreasi, niat, dan semangat bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain juga. Bisa usaha dr mikroba atau tumbuhan yg direkayasa kemudian diaplikasikan dalam sebuah bio-produk maupun energi yang berguna bagi kehidupan manusia dan berkelanjutan.

12. Institusi Pemerintahan
Udah tau lah ya, di bagian kementrian lingkungan hidup, kementrian pertanian, kementrian kehutanan, dll

Dan masihhh banyak lagi. Jadi, tidak perlu takut untuk bergabung dengan SITH ITB, baik program Sains maupun Rekayasanya. Banyak bukan? Semoga bermanfaat dan dapat mencerahkan pandangan teman-teman sekalian. Sekali lagi, ini info yang saya dapatkan dari kakak tingkat yang sudah mendapat pencerahan dari dekan, dosen, dan para lulusan SITH. Jika ada koreksi maupun tambahan, feel free untuk meninggalkan komentar di bawah. Saya juga baru Tahun Pertama TPB SITH-R :) 

Tunggu apa lagi, mantapkan niatmu, dan bergabunglah dengan SITH ITB!!! :DD

83 komentar:

  1. kak, sith-r & sith-s itu beda fakultas? terus kalo aku mau ambil sith-r lewat snmptn dan temenku (ranking paralelnya di atasku) mau ambil sith-s lewat snmptn, apa dua-duanya berpeluang keterima? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! ;)
      Sains dan Rekayasa tetap dalam satu fakultas, yaitu SITH. Mengapa keduanya dipisahkan dgn embel2 program? karena matkul TPB ada yg berbeda, dan gelarnya jg beda, tapi tetep satu fakultas kok.

      Peluang pasti ada. Apalagi jika tahun lalu ada kakak kelas kamu di fak trsbt. Kedua-duanya bisa lulus kok. Jangan takut utk mencoba! ;)

      Hapus
  2. kak, aku mau tanya tanya tentang sith, aku berminat bgt masuk sith. rencananya aku mau ambil snmptn prog peminatan rekayasa pertanian. emang bener ya kak krn peminat rek.pertanian sepi jadi dibikin program peminatan? terus rekayasa pertanian belajarnya apa aja ya matkul nya, aku blm ada gambaran maksud dari pertanian di rekayasa itu gmn, hehe. dan penunjang pertanian apa yg ada di kampus jatinangor?
    terus, untuk sith-r dari tpb udah kuliah di jatinangor atau di ganeca dulu? makasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dita!
      nah, knp sih rekper masuk prog. peminatan? krn rekper adalah prodi baru di itb, jd blm byk org yg mengenalnya. begitupula dgn prodi2 baru di itb, dibuka program peminatannya.

      di rekper pelajari fisiologi tumbuhan, kimia pertanian, mekanika fluida, teknik pemuliaan, dll. ntar setelah TPB rekper lbh byk belajar kimia & biologi :) nah utk perkuliahannya, seluruh mahasiswa TPB bljr di ganeca termasuk sith-r. tahun kedua & selanjutnya baru di jatinangor. penunjangnya byk, apalagi kampus jatinangor itu gede, segala fasilitas utk prodinya dipenuhi. smg dpt menjawab ya

      Hapus
  3. kak, mau nanya nih. orang tuaku, khususnya ayah ingin saya masuk ke SITH. tapi sith masih asing gitu, belum terlalu kenal. nah, ngomong-ngomong lebih sulit SITH-R atau SITH-S? :D terus passing grade nya berapa ya untuk tahun 2016? :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada passing grade Adik
      Wah, SITH-S atau SITH-R gak bisa dibandingin yg lebih susah yang mana soalnya basis ilmu keduanya berbeda
      Jadi sesuaiin sama passion kamu aja ya dimana

      Semangat :D

      Hapus
  4. kak kalo sith-r lulusannya bergelar apa ya kak?

    BalasHapus
  5. Kak, boleh minta id line ga?

    BalasHapus
  6. minta id line mau nanya2 itb kak , id line ku calvin100897 :))

    BalasHapus
  7. Kak minga e-mail atau contact yg bisa dihubungi dong, aku mau nanya2 tentang itb

    BalasHapus
  8. kak kalo sith-r tpbnya langsung di jatinangor atau ganesha dl?

    BalasHapus
  9. Kak, sith-r brp jlh sks yg di tempuh ? Aku ke terima di sith-r tapi masih bingung prospek kerja yg harus di tekunin. Mau peneliti / pekerja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarjana: 144 SKS. Wah halo SITH-R 2015:)
      Untuk pekerjaan, sesuaiin passion dan kemampuan kamu yah :D

      Hapus
  10. kak kalo tahun ini yang masuk rekayasa hayati banyak ga ? kira-kira lebih banyak mana rekayasa hayati atau pertanian ? mohon bantuannya kaak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari tahun-tahun yang banyak peminat memang Rekayasa Hayati, tapi sesuaiin sama passion dan kemampuanmu aja. Semangat :D

      Hapus
  11. loh.. mikrobiologi bukannya masuk sith-s ya.. kok disitu ditulis di sith-s? pencerahannya dong min

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tulisan ini saya menyatukan seluruh jurusan di R maupun S. iya benar, mikrobiologi termasuk SITH-S yg mana msh keluarga besar SITH. tetapi nnt di snmptn pilih SITH-S.

      Hapus
  12. Kak, aku mau masuk itb tapi di sekolahku belum ada alumni yang masuk itb. Kira-kira peluang ku masuk ke itb gimana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, maaf baru respons, peluang tidak ada yang tahu. bahkan peluang bs besar dari daerah yg jarang mengirim undangan ke itb. jd coba aja jgn takut. smg dpt menjawab

      Hapus
  13. Kak, aku awalnya mau masuk FTI karena passionku di fisika tapi entah kenapa susah banget jadi milihnya SITH. terutama rekayasa hayati. Di SITH ada fisika kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai maaf baru respons. Kalo di SITH-R fisika memang cukup kuat dan byk dipelajari. Tapi kalo SITH-S tidak terlalu didalami. Sesuaikan dgn passionmu ya, konsultasi ke BK atau orangtua. smg dpt menjawab!

      Hapus
  14. Kak, saya Dhevi, saat ini udah kuliah di tempat lain (bukan di itb), tapi th ini saya mau ikut sbmptn lagi dan ambil sith-r itb. Tapi saya juga harus tetep stay dulu buat kuliah di tempat saya yg sekarang. Karena saya diam2 ambil itb biar ga tau ortu dan tau tau ntar klo saya udah diterima. Gimana ya cara saya belajar sbmptn yg baik dan gimana caranya ngatur waktu? Bagaimana juga kira kira peluang saya buat bisa diterima di sith menurut anda? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Dhevi, maaf nih baru balas. Hmm pertanyaannya sulit nih, jika memang km udh menetapkan hati, menurut saya:
      1. beli buku sbmptn atau online, kemudian pelajari dgn tekun.
      2. Ketahui materi-materi yg pasti keluar atau kemungkinan keluar. caranya liat soal2 7 tahun terakhir.
      3. utk ngatur waktu, disiplin itu perlu. kerjakan tugas kuliah secepatnya, supaya ga numpuk, dan bs dipakai utk bljr sbmptn. jika jurusan kamu skrng ipa, biasanya bljr basic2 sprt kalkulus atau fisika dll, tekuni itu, karena ternyata materi sbmptn jg diambil dr materi thn pertama di perkuliahan.
      4. tetep kabari ortu ya. izin orangtua sgt perlu hehe. tetap semangat!

      Hapus
  15. Hola gan !!. Mau tanya nih, masalah DO di ITB. Apa kalo di thn pertama ga lulus kriteria langsung DO? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, nnt ada semester pendek diambil saat liburan. kalo ga berhasil jg ngulang tahun dpn. DO adlh pilihan terakhir

      Hapus
  16. Ka, sith-s sama sith-r masih bingung kalo misalnya sains kita banyak meneliti didalam? Kalo rekayasa lebih banyak penerapan sama praktek diluar? Atau gimana? Butuh banget info Pengen banget masuk jur.ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kedua2nya butuh meneliti dan praktek di luar ya. porsinya hampir sama. lebih lanjut baca aja di webnya klo ga salah sith.itb.ac.id

      Hapus
  17. Kak, biasanya jurusan paling banyak peminat di SITH S dan SITH R apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap tahun berbeda. saya tdk tau perkembangan skrng bagaimana. bisa liat di web snmptn atau sbmptn ya

      Hapus
  18. Kak aku millah selarang lgi kelas 3 mau lulus. Stih-r itb itu matkul utamanya biologi aja ta ka yang dominan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak. ilmu yg dipelajari multidisipliner jd byk bljr fisika, kimia, mate, dll. info lbh lanjut buka web sith.itb.ac.id yaa lengkap disitu

      Hapus
  19. Kak aku sekarang kelas 12 dan aku berminat buat ambil sith-s itb, temenku ada yang mau ambil sith-r yang diliat dari nilai bio kita sama sama unggul ..kira kira bisa diterima enggak ya dan apakah ketika snmptn nanti kita sama sama memilih sith? Atau terpisah antara sith-s dan -r? Mohon penjelasannya kakak kakak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat memilihnya nnt terpisah kok. nilai yg dipertimbangkan bkn hanya bio. peluang tdk ada yg tau. sekolah saya saja bs diterima dua2 pdhl bkn sekolah terbaik. ttp berdoa dan bljr ya

      Hapus
  20. kak aku pgn banget ambil sith, tapi temen aku jga ada yg mau ambil sith. dia pilih sith-s, jadi aku ngalah ambil sith-r. kira kira gimana ya kak snmptn kami? kebetulan nilai dia lebih unggul dari aku, aku jadi agak minder. terus kalo rekayasa hayati tu mata kuliah yg dipelajarinya apa aja kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, hrs sesuai passion dulu ya. jgn main ngalah2 gitu. tp kalo emg suka, yauda ambil. peluang diterima dua2 bisa kok sprt terjadi pd adik kls saya. utk matkul liat di sith.itb.ac.id ya

      Hapus
  21. Hai kak, saya mau tanya, kalau di SITH-R mata kuliahnya dominan kemana ya kak? Ke biologi,kimia atau fisika? Saya suka sama pelajaran kimia dan biologi, sementara saya tidak terlalu suka fisika, jadi saya lebih cocok ambil SITH-R atau SITH-S ? terimakasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sith-r mendalami semua matkul ipa termasuk fisika. klo sith s saya kurang tau tp fisika tdk sedalam sith r. pastikan dulu kamu memang passion dgn jurusannya ya. ttp smngt

      Hapus
  22. Kak, aku udah nonton video profil SITH-S ITB di youtube. Trs katanya s2 bisa ngambil kedokteran. Tlg jelasin ya kak. Yg aku tau ngambil kedokteran bisanya cuma waktu di tahun lulus SMA. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusan kedokteran adalah jurusan yang perlu ketekunan tinggi dan dasar kuat. Mungkin maksud dari video itu adalah lulusan S1 SITH bisa menjadi penasehat dokter (seperti yg terjadi pd salah satu dosen SITH)

      Hapus
  23. Mas sith nerima mahasiswa bidikmisi?

    BalasHapus
  24. Jadi sith-r banyak fisika nya ya mas? Saya kurang paham sama fisika. Kalau boleh tau peluang kerja nya banyakan yang s atau yang r? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluang kerja relatif. tp sbg gambaran, sith-s sudah berdiri sejak lama, dpt dikatakan lbh berpengalaman.

      iya, sith-r byk mempelajari fisika. klo mau dan niat mempelajarinya tdk susah kok

      Hapus
  25. Kak.kalau belum pernah ada yang daftar dari sekolahnya gitu kan... Apakah peluang masuk SITH itu banyak??????

    BalasHapus
  26. Ka mau nanya, kan saya di snmptn ngambil sith r kehutanan, dan ada temen yang ngambil sith r pertanian , kalau buat snmptn apakah kita bersaing karena sama sama sith r atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep bersaing sesama pemilih SITH (seinget saya sewaktu penjelasan dosen), tp akan diliat lg pemilih prodi tertentu

      Hapus
  27. Halo kak.
    kak, aku mau nanya dong. SITH-S itu kampus nya dia Ganesha ato Jatinangor ya? Terimakasih

    BalasHapus
  28. Ka, apa bedanya rekayasa pertanian sama rekayasa hayati Ka? Selama ini aku cari cari tapi tetep kurang ngerti :v mohon bantuannya kak :) Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekaya pertanian itu lebih ke botani (tumbuhan) kalo rekayasa hayati itu bioteknologi lebih luas kaya biologi molekuler. CMIIW

      Hapus
    2. Untuk saat ini baik Pertanian maupun Hayati masih mempelajari tumbuhan seluruhnya. Walaupun di R. Hayati sudah ada yg tugas akhirnya menggunakan mikroba. Rekayasa Hayati itu bukan Bioteknologi, sangat berbeda. Walaupun ada matkul Biotek 3 sks. Biologi molekuler juga tidak terlalu dipelajari dalam di R. Hayati. Yg mempelajari biologi molekuler lebih dalam itu jurusan Biologi dan Mikrobiologi. Rekayasa Hayati lebih ke perancangan suatu sistem untuk produksi baik itu metabolit sekunder, atau yg lainnya.

      Hapus
  29. Hai ka, aku pengen banget masuk SITHr.. Dan aku dari jogja, peluangnya kira2 gmn ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluang pasti ada kecuali tahun lalu kakak kelasmu menolak kelulusan snmptn di itb.

      Hapus
  30. Kak tahun ajar 2017 SITH-S tahun ke 2 sampai lulusnya di Ganeca atau Jatinangor? Terus SNMPTN 2017 nanti SITH-S sama SITH-R dipisah gak jurusannya?? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SITH-S sampe lulus di ganeca. terus sejak awal sith-s dan sith-r uda dipisah saat mengikuti snm dan sbmptn.

      Hapus
  31. Kak.. Mau nanya.. Buat persiapa u/ awal masuk sith-r matri bio apa yg hrus di perdalam kak..
    Trus buku pa yg cocok buat pemulanya kak..? Trimaksih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa kamu sudah berkuliah di sith? kalo blm, jgn mikirin itu dulu. pikirin gmn masuknya.

      tahun pertama msh TPB, dan SITH-r ga dapet matkul biologi (utk smstr 1 dan 2). utk smester selanjutnya tanyakan kating pasti tau.

      Hapus
  32. Halo kaak, jd aku udh keterima sith r nah pas liat materi tpb kaget juga mafiki semuanya A:( beda sma sith s yg cuma kimia doang yg A:( sesusah apa kak tpb nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga susah asal dipelajari sungguh-sungguh. Keep fighting!

      Hapus
  33. Halo kak.. Kalau grafik nilai naik turun ada kemungkinan ga lulus snmptn ke sith itb ini ? Terus, berpengaruh ga kalauaku buat ntar pilihan tunggal di snmptn kak? Makasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan pasti ada. Ga ngaruh, jgn milih satu aja, krn PTN trsbt gatau kamu cuma pilih satu, hanya panitia SNMPTN yg tau pilihan kamu apa sj.

      Hapus
  34. kak aku mau nanya nih,tadi saya baca sith s lebih dominan ke teori,jadi waktu kuliah nnti kebanyakan teori aja?atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mempelajari teori berbarengan dengan praktikumnya. SITH-S banyak kuliah lapangan jg. Jadi ga cuma belajar teori sj.

      Hapus
    2. Baik SITH-S maupun SITH-R mempelajari teori dan praktikum. Adapun ilmu-ilmu yang ada di SITH-R lebih mengarahkan kamu untuk menjadi seorang sarjana teknik (lebih menekankan pada aplikasi dari ilmu yang telah didapat dengan mengadakan tugas kelompok untuk membentuk inovasi)

      Hapus
  35. kak test awal setelah lulus sith r apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya? Test placement bhs inggris (kalo msh diadakan).

      Hapus
  36. Ka,kalo sekolah aku belum punya trade record di sith, gede ngga pengaruhnya? Terus ka, apa piagam dibidang biologi terkait itu berpengaruh buat pemilahannya panitia snmptn nanti? atau sbmptn, berpengaruh banyak ngga? Makasih ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekolah kamu punya Track record di ITB, Insya Allah ada kemungkinan kamu bisa masuk SITH.

      Kalau kamu melampirkan piagam, piagam itu akan jadi nilai plus untuk kamu saat ada orang lain yang berminat ke SITH dan memiliki nilai yang sama dengan kamu. Saya baru dapat mengatakan bahwa hal ini akan berpengaruh pada SNMPTN.

      Hapus
  37. Kau andrean boleh minta pin bbm atau akun lain nya ka?? Aku pengen tanya banyak tentang fakultas ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sertakan email kamu di bawah, nnt saya kirim kontak saya

      Hapus
  38. Ka mau nanya dong aku minat ke SITH-S terus temenku juga ke SITH minatnya setau aku taun kaka kelasku yang baru lulus ga ada yang daftar jurusan SITH terus ranking pararel aku ga terlalu bagua nah temenku itu dia ranking 2 di kelas menurut kaka aku bisa keterima ga ya hehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ada yg keterima di ITB? Peluang ttp ada, perbaiki nilai terus dan sertakan sertifikat sbg pendukung. Smg menjawab.

      Hapus
  39. kak aku dan teman ku ada minat ambil sith r ,tapi nilai taman ku lebih tinggi .jadi peluang nya itu g mn kakak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang tmn kamu lbh besar, tp kamu tetap berpeluang jg. Di sekolah saya ada dua org yg keterima di SITH R.

      Hapus
  40. Kak mau nanya.. kan fakultas ini masih baru, udah gitu kakak2 kelas saya belum ada yang masuk di SITH-R (entah karena mereka ga minat atau ga diterima).. apakah saya punya peluang untuk bisa ambil SITH-R?

    BalasHapus
  41. kak mikrobiologi sm biologi mana yg lbh mirip sm jurusan biotek yang ada di ubaya atau atma jaya jakarta ya??

    BalasHapus
  42. kak kalau ingin masuk sith-s lewat snmptn yang dilihat kira" nilai mapel apa saja?

    BalasHapus
  43. Kak prospek rekayasa hayati apa ya? Dari alumni alumninya kebanyakan dimana?

    BalasHapus
  44. Kak, mau tanya
    Kalau tahun lalu ada kakak kelas yang mengundurkan diri dari snmptn itb, gimana peluangnya untuk yang tahun ini?
    Kalaupun diberi catatan khusus di snmptn, apakah berpengaruh untuk sbmptn juga?

    BalasHapus
  45. Kak, mau tanya
    Kalau tahun lalu ada kakak kelas yang mengundurkan diri dari snmptn itb, gimana peluangnya untuk yang tahun ini?
    Kalaupun diberi catatan khusus di snmptn, apakah berpengaruh untuk sbmptn juga?

    BalasHapus